Pemkab Bojonegoro Kembangkan Budi Daya Cabai Berbasis Kawasan

M. Isa | Kamis, 19/09/2024 22:27 WIB
Pemkab Bojonegoro Kembangkan Budi Daya Cabai Berbasis Kawasan Cabai Rawit (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah Kabupaten Bojonegoro melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) melakukan panen raya cabai berbasis manajemen kawasan di Desa Sambongrejo, Kecamatan Gondang, Kabupaten Bojonegoro, Rabu (18/9/2024) kemarin.

“Pengembangan cabai rawit ini merupakan bagian dari upaya kami untuk mengatasi inflasi di Bojonegoro. Mengingat cabai adalah salah satu komoditas yang menyumbang inflasi signifikan,” kata Pj Bupati Bojonegoro, Adriyanto dalam rilisnya, Kamis, 19 September 2024.

Sementara itu, Kepala DKPP Kabupaten Bojonegoro, Helmy Elisabeth menjelaskan, meski Bojonegoro bukan penghasil cabai utama, dengan lahan sawah seluas 83.187 hektar dan produksi padi terbesar ketiga di Jawa Timur, pihaknya tetap berkomitmen untuk mengembangkan hortikultura.

“Cabai rawit menjadi prioritas karena fluktuasi harganya berdampak langsung pada inflasi. Kami memfokuskan pengembangan di Desa Sambongrejo karena para petani di sini sudah terbiasa menanam cabai, dan kini mereka mendapatkan pendampingan teknologi dari BRIN,” tambah Helmy.

"Kami akan terus bersinergi dengan DKPP dan para petani untuk memastikan budidaya cabai yang lebih baik dan berkelanjutan," tambahnya.


Berita Terkait :