Legislator PKB Minta Tindak Tegas TKA Ber-Visa Turis Usaha Dagang di Indonesia

M. Isa | Selasa, 08/10/2024 14:55 WIB
Legislator PKB Minta Tindak Tegas TKA Ber-Visa Turis Usaha Dagang di Indonesia Daniel Johan (Anggota Komisi IV DPR RI). (Foto: DPR RI)

RADARBANGSA.COM - DPR Periode 2024-2029 tengah menyusun alat kelengkapan dewan (AKD) yang akan menjadi wadah bagi dewan menjalankan fungsi legislasi, anggaran, dan pengawasan terhadap pelaksanaan UU dan program Pemerintah.

Anggota DPR RI Fraksi DPR RI, Daniel Johan, menilai ada banyak persoalan yang tengah dihadapi masyarakat, khususnya dalam sektor riil. Salah satu yang menjadi sorotan Daniel adalah mengenai tenaga kerja asing (TKA) yang menggunakan visa turis untuk menjalankan usaha dagang di Indonesia.

"Sekarang harus diperhatikan banyak sektor riil kita itu mulai dikuasai oleh TKA yang mereka memakai visa turis. Semua dirambah, kasihan UKM lokal," ujar Daniel Johan di Jakarta, Senin, 7 Oktober 2024.

Menurut Daniel, modus para TKA ilegal ini menjual barang-barangnya dengan harga yang lebih murah karena tidak membayar pajak penjualan mengingat mereka ada di Indonesia dengan visa turis.

“Mereka impor sendiri, kita hanya jadi pasar. Ini orang asing sendiri ngimpor barangnya sendiri tetapi mereka merambah pasar kita,” tukasnya.


Berita Terkait :