Ingin Bisnis BUMDes Maju, Gus Halim: Sistem Keuangan Harus Sesuai Standar

M. Isa | Senin, 09/09/2024 16:57 WIB
Ingin Bisnis BUMDes Maju, Gus Halim: Sistem Keuangan Harus Sesuai Standar Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar menekankan pentingnya standarisasi keuangan bagi Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) sebagai kunci utama untuk mengembangkan bisnis.

"Kebijakan lanjutan yang penting untuk penguatan posisi bisnis BUMDesa, terutama untuk bekerja sama dengan entitas bisnis lainnya, ialah standar keuangan BUMDesa, dalam Kepmendes PDTT Nomor 136 Tahun 2," kata Mendes PDTT, Abdul Halim Iskandar dalam rilisnya, Sabtu, 7 September 2024 lalu.

Menurut Gus Halim-sapaan akrabnya, standarisasi keuangan merupakan langkah vital dalam memajukan BUMDesa, karena mampu menumbuhkan kepercayaan masyarakat. Menurutnya, dengan keuangan yang baik maka akan terjadi akuntabilitas dan transparansi sehingga kepercayaan masyarakat kepada BUMDesa semakin meningkat.

“Tanpa kepercayaan masyarakat maka bisnisnya tidak akan pernah bisa berkembang," tutur Gus Halim.

Gus Halim menambahkan bahwa meskipun kebutuhan setiap BUMDesa berbeda-beda di setiap daerah, standar keuangan yang seragam tetap diperlukan, “Salah satu cara untuk meningkatkan standarisasi keuangan BUMDesa adalah dengan memastikan setiap BUMDesa terdaftar secara resmi di Kemenkumham,” tukasnya.


Berita Terkait :