Nihayatul Wafiroh Heran Pemkab Manggarai Pecat 249 Nakes, Begini Katanya

Sugito | Minggu, 21/04/2024 19:30 WIB
Nihayatul Wafiroh Heran Pemkab Manggarai Pecat 249 Nakes, Begini Katanya Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Nihayatul Wafiroh (foto istimewa)

RADARBANGSA.COM - Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Nihayatul Wafiroh mendesak pemerintah segera mencari solusi atas masalah yang menimpa 249 tenaga kesehatan (nakes) di Kabupaten Manggarai yang dipecat usai melakukan demo di Kantor Bupati Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada 12 Februari 2024.

Perempuan yang akrab disapa Ninik itu menyatakan, 249 nakes tersebut tidak selayaknya mendapat sangsi pemecatan sebab mereka hanya menuntut perpanjangan Surat Perintah Kerja (SPK) dan meminta kenaikan gaji agar setara upah minimum kabupaten (UMK).

"Saya minta pemerintah terutama Kemenkes segera mencari solusi untuk rekan-rekan nakes di NTT yang dipecat. Mereka itu tidak selayaknya mendapat sangsi itu (pemecatan), demo itu kan hak mereka," kata Ninik di Jakarta, Minggu (21/4/2024).

Legislator dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu berujar, kasus pemecatan ratusan nakes menjadi bukti minimnya penghargaan pemerintah atas profesi tenaga kesehatan masih minim di Indonesia.

Padahal, kata dia, negara dan masyarakat belum lama menyematkan gelar pahlawan terhadap tenaga kesehatan yang berjuang mempertaruhkan nyawa menangani pandemi Covid-19.

"Saya satu sisi heran mengapa pemerintah seolah lupa atas jasa besar para nakes. Mereka waktu Covid disebut pahlawan, eh sekarang cuma demo minta gaji yang layak malah dipecat," ungkapnya.

Ninik menambahkan, pemecatan ratusan Nakes di Manggarai, memang menjadi wewenang pemerintah daerah. Namun ia mendesak Kemenkes untuk turut serta menyelesaikan masalah tersebut.

"Tapi bukan berarti pemerintah pusat diam, mengabaikan masalah itu. Saya harap segera duduk bersama, Kemenkes segera koordinasi dengan Pemkab Manggarai, pasti ada solusinya untuk para nakes. Cek juga di daerah lain jangan sampai ada masalah yang sama," tukasnya.