Hadapi Puncak Mudik, Pemerintah Imbau Masyarakat Mudik Lebih Awal

M. Isa | Selasa, 26/03/2024 20:00 WIB
Hadapi Puncak Mudik, Pemerintah Imbau Masyarakat Mudik Lebih Awal Arus mudik lebaran 2023 (foto: radarbangsa)

RADARBANGSA.COM - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengimbau masyarakat agar bisa melakukan perjalanan mudik lebih awal sebelum puncak arus mudik 5-8 April 2024 mendatang.

"Puncak mudik yang tadi disampaikan H-4, H-3 dan H-2. Di hari-hari itu akan tinggi sekali. Oleh karenanya kita menghimbau, sebagian masyarakat yang anak-anaknya sudah libur agar bisa mudik lebih awal," ujar Menhub Budi Karya Sumadi di Jakarta, Senin, 25 Maret 2024.

Pemerintah juga mengingatkan agar masyarakat jangan menggunakan sepeda motor untuk mudik karena sangat berbahaya, “Masyarakat dapat menggunakan angkutan umum atau memanfaatkan program mudik gratis yang disediakan Kementerian Perhubungan atau instansi lain,” tambah Menhub Budi.

Menurut Menhub Budi, pihaknya juga telah menyiapkan Posko Terpadu Angkutan Lebaran yang akan diselenggarakan mulai dari tanggal 3 hingga 18 April 2024 di Ruang Mataram Kantor Pusat Kementerian Perhubungan.

“Sejumlah titik kami harapkan bisa menjadi perhatian Polri. Pertama adalah pasar tumpah yang kerap menjadi titik masalah arus mudik, khususnya daerah Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Kedua adalah terkait pengaturan kapal di Pelabuhan Sulsel, Riau, Kaltim dan Jatim, khususnya Madura,” tukasnya.