Anwar Sanusi: Pemerintah Komitmen Hadirkan Pelatihan Vokasi Berkualitas

M. Isa | Senin, 25/03/2024 20:04 WIB
Anwar Sanusi: Pemerintah Komitmen Hadirkan Pelatihan Vokasi Berkualitas Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi (foto: kemnakergoid)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) terus berkomitmen untuk menghadirkan pelatihan vokasi yang berkualitas.

Sekjen Kemnaker, Anwar Sanusi menjelaskan bahwa pelatihan vokasi dapat menjadikan angkatan kerja Indonesia, baik angkatan kerja baru maupun angkatan kerja lama, menjadi angkatan kerja yang kompeten dan berdaya saing. 

“Pelatihan vokasi yang berkualitas merupakan pelatihan vokasi yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja yang mengutamakan link and match ketenagakerjaan. Ini adalah salah satu respons dalam menjawab berbagai tantangan dan problematika ketenagakerjaan," kata Anwar Sanusi di Semarang, Jumat, 22 Maret 2024 lalu.

Menurut Anwar, Link and match merupakan satu bagian dari strategi Kemnaker dalam melakukan Transformasi BLK. Di mana BLK-BLK yang ada di bawah Kemnaker, kata Anwar, harus mampu menjalin kerja sama dengan dunia usaha dan industri, agar terjadi kesesuaian pelatihan vokasi. 

"Sehingga kita ingin mendorong urusan ketenagakerjaan ini adalah urusan yang harus kita tanggung secara bersama," tukasnya.