KA Pandalungan Anjlok, KAI Sebut Seluruh Penumpang Selamat

Rahmad Novandri | Minggu, 14/01/2024 18:40 WIB
KA Pandalungan Anjlok, KAI Sebut Seluruh Penumpang Selamat KA Pandalungan rute Gambir-Surabaya-Jember anjlok di Stasiun Tanggulangin, Sidoarjo, Minggu (14/1). (Foto: RRI)

RADARBANGSA.COM - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI menyatakan bahwa tak ada korban jiwa pasca anjloknya KA Pandalungan (KA 75A) rute Gambir-Surabaya-Jember di Stasiun Tanggulangin, Sidoarjo, pukul 07.57 WIB, Minggu, 14 Januari 2024. VP Public Relations KAI Joni Martinus menyebut hingga saat ini ini, proses evakuasi terhadap penumpang dan rangkaian KA tengah berlangsung.

"Kami sampaikan bahwa tidak ada korban jiwa atas kejadian ini, sebagai layanan lanjutan bagi para pelanggan," kata Joni dalam keterangan resminya.

Dikatakan Joni, KAI melakukan skema operasional perjalanan KA dari lintas bangil memutar lewat malang dan kertosono. "KAI juga mnyediakan bus dari stasiun Bangil dan stasiun sidoarjo untuk mengantar pelanggan menuju stasiun tujuan," lanjut Joni.

Dampak anjlokan tersebut Jalur KA di emplasemen Stasiun Tanggulangin untuk sementara waktu belum dapat dilalui oleh KA. Jalur KA yang terganggu akibat kejadian ini adalah jalur dari Surabaya menuju Malang dan Jember.

Adapun KA-KA yang terganggu sementara ini akibat kejadian tersebut yaitu KA (75A) Pandalungan relasi Gambir - Surabaya – Jember dan KA (432) Commuterline Penataran.

Saat ini, lanjut Joni, KAI tengah melakukan upaya evakuasi pada Rangkaian kereta api tersebut dan normalisasi jalur.

"KAI menyampaikan permohonan maaf atas terganggunya pelayanan dan perjalanan kereta api," tutup Joni.