Komisi I DPR RI Ingatkan Panglima TNI Soal Kesejahteraan Prajurit dan Alutsista

Rahmad Novandri | Kamis, 23/11/2023 23:10 WIB
Komisi I DPR RI Ingatkan Panglima TNI Soal Kesejahteraan Prajurit dan Alutsista Gedung MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta. (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Anggota Komisi I DPR RI Junico Siahaan menyambut baik pergantian Panglima TNI dari Laksamana Yudo Margono ke Jenderal Agus Subiyanto. Komisi I DPR yang bermitra dengan TNI itu pun berharap Panglima baru dapat meningkatkan kesejahteraan prajurit.

"Selamat atas dilantiknya Jenderal Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI yang baru. Semoga dapat bekerja dengan baik, terutama di tahun politik. Dan kami juga mengucapkan terima kasih atas pengabdian Laksamana Yudo selama ini," kata Junico, Kamis, 23 November 2023.

Adapun pelantikan Jenderal Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Rabu (22/11). Dengan pergantian Panglima TNI yang baru, Junico berharap akan ada upaya peningkatan kesejahteraan prajurit mengingat tata kelola sumber daya dalam kelembagaan militer sangat penting dalam sistem pertahanan.

"Kesejahteraan prajurit menjadi hal yang perlu diperjuangkan sebagai bagian dari keselarasan pembangunan profesionalisme dan lembaga TNI yang kuat," ujarnya.

Isu kesejahteraan prajurit dinilai perlu ditekankan kepada Panglima TNI yang baru sebab menyangkut eksistensi TNI dalam melaksanakan tugas dan fungsi sebagai penjaga pertahanan negara. Nico meminta Jenderal Agus memperjuangkan kebutuhan setiap personel TNI dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai prajurit.

"Peningkatan kesejahteraan prajurit sangat memengaruhi profesionalitas TNI dalam bertugas dan menunjukan eksistensinya sebagai garda utama penjaga pertahanan dan keamanan ibu pertiwi," tuturnya.

Selain kesejahteraan prajurit, Nico juga menekan pentingnya modernisasi alat utama sistem persenjataan (alutsista). Menurutnya, peremajaan alutsista harus menjadi bagian penting dari pengembangan investasi di sektor pertahanan Indonesia. 

"Pembelian alutsista tentunya dapat mendukung pembangunan kekuatan TNI dalam hal mewujudkan tujuan nasional yang tertera dalam amanah UUD 1945, melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia," tandasnya.