Ketua DPR Dorong Peran Kaum Muda dalam bidang Politik

M. Isa | Senin, 20/11/2023 19:42 WIB
Ketua DPR Dorong Peran Kaum Muda dalam bidang Politik sesi MIKTA (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Ketua DPR RI Puan Maharani mendukung peningkatan peran pemuda dalam bidang politik. Di politik, pemuda dapat menyalurkan aspirasi dan kepentingannya.

"Generasi muda juga harus lebih aktif terlibat di bidang politik. Dengan demikian, generasi muda akan dapat menyampaikan aspirasinya dan kepentingannya,” kata Puan Maharani ketika membuka sesi ketiga pada Konsultasi Ketua Parlemen Negara MIKTA ke-9 di Jakarta, Senin, 20 November 2023.

“Generasi muda juga dapat melayani masyarakat luas dengan terlibat di dunia politik," sambungnya.

Ketika politik dipenuhi kelompok muda, lanjut Puan, itu artinya pengaruh politik generasi muda akan semakin kuat. "Kita perlu memastikan bahwa generasi muda mau terjun langsung ke dunia politik, termasuk menjadi anggota parlemen. Dalam kaitan ini, diperlukan instrumen-instrumen hukum yang memberikan akses  bagi keterlibatan kaum muda di dunia politik," imbuhnya.

Beberapa langkah konkret Indonesia sebagai bentuk advokasi peranan kaum muda dalam Pembangunan terutama bidang politik sendiri, kata Puan, seperti pada  tahun 2009 Parlemen Indonesia telah mengadopsi Undang-Undang Kepemudaan, yang secara umum menetapkan urgensi penting pemuda dalam pembangunan.

“DPR RI juga telah membentuk Kaukus Pemuda Parlemen Indonesia (KPPI) di DPR dan Program Parlemen Remaja,” katanya.

Kemudian, imbuh Puan, menurut Undang-undang Pemilihan Umum, ditetapkan bahwa usia minimal calon anggota parlemen adalah 21 tahun dan sebagai pemilih 17 tahun, “Hal ini memungkinkan partisipasi aktif generasi muda di dunia politik. Saat ini Indonesia juga telah memiliki puluhan kepala daerah di bawah usia 40 tahun,” tukasnya.


Berita Terkait :