Pemerintah Targetkan 90 Persen Anak di Indonesia Terlindungi dari HPV

M. Isa | Kamis, 16/11/2023 23:38 WIB
Pemerintah Targetkan 90 Persen Anak di Indonesia Terlindungi dari HPV Budi Gunadi Sadikin (Menteri Kesehatan RI). (Foto: Kemenkes RI)

RADARBANGSA.COM – Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin menargetkan 90% anak perempuan dan laki laki di Indonesia mendapatkan imunisasi HPV pada tahun 2030.

“Target ini tertuang dalam Rencana Aksi Nasional Eliminasi Kanker Serviks Indonesia (2023-2030) yang dideklarasi bersama antara Presiden Joko Widodo dengan Presiden Joseph R. Biden, Jr. usai pertemuan bilateral antara kedua Pemimpin di Gedung Putih pada Senin (13/11) lalu,” kata Menkes Budi Gunadi Sadikin dalam rilisnya, Kamis, 16 November 2023.

Menurut Menkes Budi, di Indonesia, kanker serviks menimbulkan dampak yang signifikan terhadap perempuan dan keluarga mereka, lebih dari 103 juta perempuan berusia lebih dari 15 tahun berisiko terkena penyakit ini.

“Penyakit ini merupakan jenis kanker terbesar kedua pada perempuan, sekitar 36.000 wanita terdiagnosis setiap tahunnya. Selain itu, sekitar 70% dari seluruh perempuan yang didiagnosis, berada pada stadium lanjut; sehingga, angka kematian akibat kanker serviks di Indonesia tergolong tinggi, dengan sekitar 21.000 kematian pada tahun 2020,” ungkapnya.

Menkes Budi menuturkan, rencana Aksi Nasional Eliminasi Kanker Serviks merupakan strategi komprehensif untuk memperkuat sistem kesehatan nasional di Indonesia, memperluas akses terhadap pencegahan dan teknologi perawatan yang lebih maju, dan menghilangkan hambatan terhadap intervensi kanker serviks yang berakar pada tantangan sosial, pembiayaan, budaya, sosial dan struktural.

“Kita harus bekerja sama dalam perjuangan memerangi kanker serviks,” tuturnya.


Berita Terkait :