BPBD Kota Tangerang Antisipasi Bencana di Musim Penghujan

M. Isa | Senin, 06/11/2023 23:13 WIB
BPBD Kota Tangerang Antisipasi Bencana di Musim Penghujan ilustrasi (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang, mulai mengantisipasi terjadinya bencana di masa peralihan dari musim kemarau ke musim penghujan.

"BPBD Kota Tangerang juga telah mendata dan cek ulang seluruh sarana prasarana pendukung yang dibutuhkan saat penanganan bencana. Mulai dari, 24 kendaraan yang terdiri kendaraan pemadam, tangki air, kendaraan berat hingga operasional," kata Kepala BPBD, Kota Tangerang, Maryono Hasan di Tangerang, Senin, 6 November 2023.

Menurut Maryono, dalam proses penanganan evakuasi awal, BPBD Kota Tangerang juga telah menyiagakan pelampung, jas hujan, senter, handy talkie atau alat komunikasi ht, dan peralatan lainnya, di seluruh Kampung Tangguh Bencana yang ada.

"Selain itu, BPBD Kota Tangerang juga sudah mensiagakan 16 unit perahu, 24 unit pompa alkon dan 100 lebih pelampung penyelematan, serta ragam tali menali yang dibutuhkan, juga telah disiagakan," tambahnya.

Tak lupa, Maryono juga mengimbau masyarakat Kota Tangerang untuk sama-sama mewaspadai beberapa bencana yang kerap terjadi di musim penghujan, seperti banjir dan angin kencang.

"Memasuki musim penghujan saat ini, masyarakat diimbau untuk kerja bakti membersihkan lingkungan dan gorong-gorong. Tidak membuang sampah dan rutin memilah sampah, tidak berteduh dibawah pohon atau reklame yang berpotensi tumbang saat angin kencang, dan rutin melihat info perkiraan cuaca sebelum beraktivitas di luar ruangan," ucapnya.