Mentan Genjot Produksi Beras RI, Bakal Tanam Padi di Lahan Rawa

Rahmad Novandri | Senin, 30/10/2023 20:59 WIB
Mentan Genjot Produksi Beras RI, Bakal Tanam Padi di Lahan Rawa Amran Sulaiman (Menteri Pertanian RI). (Foto: Kementan RI)

RADARBANGSA.COM - Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman melakukan akselerasi peningkatan luas tanam dan produksi padi dan jagung untuk tahun 2024. Perluasan lahan tanam ini akan dilakukan Kementan sebagai kelanjutan dari program optimalisasi pemanfaatan lahan rawa yang pernah dilakukan mentan Amran pada tahun 2014-2019 lalu.

"Kita akan melakukan akselerasi dari potensi besar Indonesia, yaitu lahan rawa mineral. Dulu kan pernah kita lakukan di Sumatera Selatan dan Kalimantan Selatan," kata Mentan Amran dikutip dari okezone.com, Senin, 30 Oktober 2023.

Menurutnya, optimalisasi pemanfaatan lahan rawa bisa menjadi solusi dalam peningkatan produksi pangan nasional. Rencananya Kementerian Pertanian akan menanam 1 juta hektare lahan rawa mineral dan 1 juta hektare lahan rawa tadah hujan.

Setelah berhasil mengubah lahan rawa menjadi lahan pertanian, Kementerian Pertanian akan meningkatkan Indeks Pertanian padi dan jagung untuk memenuhi kebutuhan nasional.

"Tidak ada basa basi dalam membangun negeri ini, kerja aja. Pertanian Indonesia ini hebat. Tahun 2017 sudah swasembada, tahun 2019 swasembada, tahun 2020 swasembada. Berarti kita bisa," tambahnya.

Swasembada beras dan jagung menjadi sangat penting bagi Indonesia di tengah ancaman krisis pangan nasional. Mengingat saat ini Indonesia tengah memasuki masa tanam I bulan Oktober-Maret, Mentan Amran memiliki harapan besar untuk meningkatkan produksi padi dan jagung di tahun 2024.

"Kita akan mencetak sejarah. Dulu kita pernah berhasil, 3-4 kali swasembada. Kali ini kita akan ulang dan jadikan permanen," pungkasnya.