Gus Halim Ungkap Program Dana Desa di Hadapan Civitas Akademika Universitas Peking Beijing

M. Isa | Selasa, 17/10/2023 19:35 WIB
Gus Halim Ungkap Program Dana Desa di Hadapan Civitas Akademika Universitas Peking Beijing Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar saat melakukan pertemuan dengan Civitas Akademika Universitas Peking, Beijing (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar melakukan pertemuan dengan civitas akademika Universitas Peking, di Beijing, China, Senin, 16 Oktober 2023.

Dalam kesempatan itu, Gus Halim-sapaan akrabnya menyampaikan prihal dana desa yang digelontorkan pemerintah Indonesia secara langsung ke desa sejak 2015 bertransformasi secara cepat dalam meningkatkan status desa.

“Jumlah desa mandiri pun bertambah banyak. Selain itu, salah satu kebijakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut merupakan faktor penting yang memberikan manfaat besar untuk menumbuhkan ekonomi, termasuk saat terjadi pandemic,” kata Gus Halim dalam rilisnya, Selasa, 17 Oktober 2023.

Gus Halim menegaskan bahwa Program Dana Desa ini merupakakn wujud nyata dari pembangunan yang dimulai dari pinggiran, memberikan peluang dan dukungan finansial langsung kepada masyarakat desa untuk mengembangkan inisiatif mereka sendiri.

“Kami percaya bahwa percepatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa memiliki dampak positif pada pertumbuhan ekonomi nasional secara keseluruhan,” imbuh Gus Halim.

Lebih lanjut Gus Halim juga menjelaskan program, tugas, dan fungsi Kemendes PDTT dalam mengawal pembangunan nasional dari desa yang ruang lingkupnya meliputi daerah tertinggal hingga pada wilayah perbatasan. Di antaranya dengan merealisasikan pembangunan berkelanjutan yang berpedoman pada SDGs global yang dilokalkan melalui SDGs Desa.

“Kementerian (Kemendes PDTT) juga memiliki tugas yang bersifat kawasan, seperti pengelolaan wilayah perbatasan, dan berkontribusi pada pemerataan ekonomi dan jumlah penduduk melalui program transmigrasi,” tukasnya.