Dukung KTT ASEAN, Imigrasi Soekarno-Hatta Siapkan Fasilitas Khusus

M. Isa | Rabu, 30/08/2023 22:07 WIB
Dukung KTT ASEAN, Imigrasi Soekarno-Hatta Siapkan Fasilitas Khusus Imigrasi Bandara Soekarno Hatta (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM – Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Bandara Internasional Soekarno-Hatta Tangerang tengah menyiapkan sejumlah fasilitas khusus perlintasan keimigrasian yang terintegrasi.

"Kami menyediakan sejumlah fasilitas untuk menyambut kedatangan tamu dan delegasi ASEAN ke-43. Pertama, penyediaan perangkat Mobile Unit Border Control Management, khusus untuk delegasi setingkat kepala negara/menteri," kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta Muhammad Tito Andrianto dalam keterangannya, Selasa, 29 Agustus 2023.

Menurut Tito, langkah ini dilakukan sebagai upaya untuk mendukung pelaksanaan dan kesuksesan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) KTT ke-43 ASEAN yang akan digelara pada 5-7 September 2023 di Jakarta.

Sementara itu, fasilitas-fasilitas khusus keimigrasian tersebut ditempatkan di Terminal 3 dan di Commercial Important Person (CIP) Terminal I Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

"Fasilitas ini perlu disediakan untuk menunjang pemeriksaan para delegasi di tengah tingginya lalu lintas penumpang reguler," ujarnya.

Sebagai informasi, Presiden Joko Widodo dijadwalkan membuka sekaligus memimpin 12 pertemuan. Rangkaian pertemuan tersebut adalah KTT ke-43 dalam format plenary dan retreat, KTT ke-26 ASEAN-Tiongkok, KTT ke-24 ASEAN-Korea Selatan, KTT ke-26 ASEAN-Jepang, dan KTT ke-11 ASEAN-Amerika Serikat.

Pertemuan lainnya adalah KTT ASEAN-Kanada, KTT ke-26 ASEAN Plus Three, KTT ke-20 ASEAN-India, KTT ke-3 ASEAN-Australia, KTT ke-18 Asia Timur (EAS), dan KTT ke-13 ASEAN-Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).


Berita Terkait :