Lewat Kemnaker, Pemerintah Terus Sosialisasikan Keberadaan BLK Komunitas

M. Isa | Senin, 21/08/2023 22:05 WIB
Lewat Kemnaker, Pemerintah Terus Sosialisasikan Keberadaan BLK Komunitas Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) terus melakukan sosialisasi tentang keberadaan Balai Latihan Kerja Komunitas.

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengungkapkan, sosialisasi dilakukan agar masyarakat luas mengetahui dan mendapatkan manfaat dari BLK Komunitas.

"Sosialisasi penting karena kita ingin masyarakat luas tahu dan mendapatkan manfaatnya berupa peningkatan kompetensi," kata Menaker Ida Fauziyah di Jakarta, Minggu, 20 Agustus 2023.

Menurut Menaker Ida Fauziyah, keberadaan BLK Komunitas ini menjadi salah satu sarana penting dalam meningkatkan kompetensi SDM Indonesia. Apalagi, Indonesia menghadapi bonus demografi yang hal tersebut membutuhkan SDM yang memiliki kompetensi.

"Bonus demografi tidak akan menjadi bonus kalau tidak bisa menciptakan lapangan pekerjaan, dan pekerjaan akan didapat ketika seseorang memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja,” imbuhnya.

Ida Fauziyah menyampaikan bahwa bagi yang usia sekolah maka melalui sekolah formal yang berada di bawah tanggung jawab Kemendibukristekdikti. Sementara untuk usia di luar sekolah maka dapat memperoleh keterampilan melalui pelatihan vokasi yang berada di bawah Kemnaker.

"Kalau untuk pelatihan vokasi ini cirinya durasinya pendek, pelaksanaanya to the point, dan yang pasti tidak mengenal usia. Jadi meskipun usianya tidak muda, bukan usia sekolah, tapi masih punya kesempatan mendapatkan keterampilan," tukasnya.


Berita Terkait :