Gus Imin: Pesantren Punya Potensi Ekonomi yang Tinggi

Rahmad Novandri | Minggu, 20/08/2023 17:02 WIB
Gus Imin: Pesantren Punya Potensi Ekonomi yang Tinggi Abdul Muhaimin Iskandar (Wakil Ketua DPR RI). (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Wakil Ketua DPR RI, Abdul Muhaimin Iskandar atau Gus Imin menyerahkan bantuan 30.000 benih ikan Nila untuk Pondok Pesantren al-Muslim, Sukabumi, Jawa Barat, Minggu, 20 Agustus 2023.

Bantuan Gus Imin tersebut diterima langsung oleh Ajengan Yusuf Mulyadin, pengasuh Ponpes al-Muslim, Sukabumi. 

Gus Imin menyatakan, Pesantren memiliki potensi besar bukan hanya dalam bentuk pendidikan keagamaan dan pengetahuan secara umum, namun juga dalam konteks pemberdayaan ekonomi.

"Pesantren itu punya potensi ekonomi yang tinggi. Kenapa? Pembangunan nasional itu berhasil kalau umat Islam dilibatkan secara konsep, secara ide," kata Gus Imin.

Gus Imin berujar, bantuan benih yang ia serahkan untuk Pesantren tersebut diharapkan dapat menyuplai kebutuhan ekonomi bukan hanya untuk para santri, namun juga untuk masyarakat secara umum.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini juga memastikan bahwa kaum santri adalah generasi yang membanggakan untuk Indonesia. Tubuh, tenaga, dan buah karya para santri diabdikan khusus untuk Indonesia.

Karena itu, Gus Imin mendorong semua pihak untuk tidak memandang sebelah mata pesantren dan juga santri. Sebab mereka memiliki potensi besar sebagai SDM yang unggul dan berakhlakul karimah.

"Pembangunan nasional itu berhasil kalau umat Islam, kaum santri, dan semua institusinya dilibatkan, mulai dari konsep, ide, sampai gagasan. Kalau mereka dilibatkan, saya yakin ada percepatan signifikan kemajuan bangsa," tukas Gus Imin.

Selain menyerahkan bantuan benih ikan, Gus Imin juga menyerahkan bantuan padat karya senilai Rp 100 juta dan puluhan ekor kambing indukan untuk pesantren tersebut.

Hadir mendampingi Gus Imin Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda, sejumlah anggota DPRD Provinsi Jabar Fraksi PKB.