Era Digital, Menteri Ida Fauziyah: Pengembangan SDM Jadi Tantangan Bangsa

M. Isa | Selasa, 08/08/2023 19:06 WIB
Era Digital, Menteri Ida Fauziyah: Pengembangan SDM Jadi Tantangan Bangsa Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah (foto: kemnakergoid)

RADARBANGSA.COM - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah mengatakan, di era digitalisasi sekarang ini, pengembangan sumber daya manusia (SDM) yang berkarakter menjadi tantangan bangsa.

“Suatu kompetensi tentu saja dimenangkan oleh individu yang unggul, sebab hanya SDM yang unggul dan berkarakter mampu bertahan, bahkan memenangkan segala bentuk kompetisi global,” kata Menaker Ida Fauziyah di Jakarta, Selasa, 8 Agustus 2023.

Saat menerima audiensi Rektor Universitas Semarang dalam rangka membahas fakultas psikologi, Menaker Ida mengatakan, salah satu tantangan dalam penurunan pengangguran di Indonesia, adalah pengangguran yang mengalami hopeless of job. Yakni kondisi di mana pengangguran merasa tak akan mungkin memperoleh pekerjaan. Karena rendahnya tingkat pendidikan itu, lanjut Menaker, mengindikasikan bahwa mereka tak akan dapat menyiapkan dirinya masuk ke pasar kerja.

“Untuk itulah peran Fakultas Psikologi harus dapat menyikapi permasalahan akibat adanya hopeless of job tersebut,” ujar Menaker Ida.

Selain itu, Menaker Ida Fauziyah juga mengingatkan perguruan tinggi agar mampu menghadapi dan menjawab tantangan yang generasi mendatang.

“Masalah ketenagakerjaan, harus menjadi tantangan bersama bagi perguruan tinggi untuk berkontribusi, menyiapkan SDM, membangun, dan menjaga motivasi generasi angkatan kerja,” tukas Menaker Ida Fauziyah.


Berita Terkait :