Menko Luhut Klaim Indonesia Mampu Kurangi Sampah Plastik, Terdepan Bersihkan Laut

Rahmad Novandri | Selasa, 27/06/2023 21:26 WIB
Menko Luhut Klaim Indonesia Mampu Kurangi Sampah Plastik, Terdepan Bersihkan Laut Luhut Binsar Pandjaitan (Menko Kemaritiman dan Investasi). (Foto: Setkab RI)

RADARBANGSA.COM - Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengklaim bahwa saat ini Indonesia bisa mengurangi sampah plastik ke laut sebesar 27%. Hal tersebut diungkapkan Luhut saat memberikan pidato dalam pertemuan forum Archipelagic and Island States (AIS).

Menurutnya, pengurangan sampah laut selama ini menjadi salah satu fokus utama kerja sama negara-negara dalam forum AIS. Indonesia membuktikan bisa mengurangi sampah laut hingga level yang cukup signifikan.

Luhut menambahkan dalam tiga tahun yang akan datang Indonesia akan mampu mengolah sampah hampir 30 ribu ton per hari di seluruh Indonesia.

"Ini menjadi langkah luar biasa membuat Indonesia lebih bersih dari sampah-sampah plastik yang masuk ke laut. Ini akan membuat Indonesia menjadi negara yang paling leading dalam membersihkan laut. Sampai hari ini kita sudah bisa mungkin mengurangi sampah plastik yang masuk ke laut kira-kira 27%," kata Luhut dikutip dari detik.com, Selasa, 27 Juni 2023.

Disampaikannya, saat ini juga akan dilakukan restorasi mangrove di 600 ribu hektare dan 400 ribu hektare di antaranya sudah ditanam kembali di Indonesia. Menurutnya langkah ini bisa mengurangi dampak kenaikan suhu global.

Lebih lanjut diungkapkan Luhut, dengan memanfaatkan laut Indonesia pun bisa jadi negara maju. Sektor ekonomi kelautan menurut Luhut bakal dikembangkan mulai dari sekarang.

Targetnya, Luhut menyampaikan pada tahun 2045 proporsi sektor kelautan terhadap ekonomi nasional Indonesia kan menjadi lebih dua kali lipat dan terus meningkat.


Berita Terkait :