Legislator PKB Minta Dirjen Pajak Masifkan Sosialisasi Sadar Pajak

M. Isa | Selasa, 13/06/2023 20:19 WIB
Legislator PKB Minta Dirjen Pajak Masifkan Sosialisasi Sadar Pajak Anggota Komisi XI DPR RI Ela Siti Nuryamah (foto: dpr)

RADARBANGSA.COM – Anggota Komisi XI DPR RI Ela Siti Nuryamah meminta Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kemenkeu untuk melakukan sistem penguatan peningkatan kepatuhan sukarela bagi wajib pajak dengan melakukan kegiatan-kegiatan preventif untuk membangun kesadaran masyarakat dalam memenuhi kewajiban pajaknya.

"Kegiatan preventifnya belum terlihat seperti apa. Kemarin kan marak sosialisasi tetapi juga tidak mungkin hanya sebatas imbauan-imbauan yang ada, padahal yang kegiatan program studi ini juga penting dilakukan untuk sadar pajak, bagaimanapun tulang punggung penerimaan ya lebih banyak di sektor pajak negara ini," kata Ela Siti Nuryamah saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Direktorat Jenderal Pajak dan Dirjen Bea dan Cukai di ruang Komisi XI DPR, Senin, 12 Juni 2023 kemarin.

Legislator Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu juga meminta DJP agar tidak hanya fokus pada penegakan hukum terhadap wajib pajak yang tidak memenuhi kewajibannya, tetapi juga dengan meningkatkan himbauan-himbauan terhadap wajib pajak.

"Kami tidak melihat kegiatan-kegiatan preventif yang dilakukan oleh pajak. Tahu-tahu ada penindakan hukum gitu, tahu-tahu ada peningkatan hukum, tetapi imbauan-imbauan ini saya pikir belum terasa marak lah,” kata Ela.

Imbauan tersebut, kata Ela, dilakukan agar masyarakat dapat memiliki kesadaran tinggi dalam membayar pajak, “Masyarakat itu belum terbiasa atau berkesadaran tinggi dalam hal proses terkait dengan kesadaran untuk melakukan pembayaran pajak," tukasnya.


Berita Terkait :