Cegah Potensi AGHT, Pemkab Tangerang Gelar Pembinaan Kewaspadaan Dini Masyarakat

M. Isa | Selasa, 13/06/2023 20:03 WIB
Cegah Potensi AGHT, Pemkab Tangerang Gelar Pembinaan Kewaspadaan Dini Masyarakat Kantor Pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Tangerang bersama Badan Kesbangpol Provinsi Banten melaksanakan kegiatan Pembinaan Kewaspadaan Dini Masyarakat kepada Forum Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Provinsi Banten Tahun 2024 di Tangerang, Selasa, 13 Juni 2023.

Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Tangerang, Rudi Lesmana menyampaikan, kegiatan ini dilakukan untuk memberikan pemahaman dan juga pembinaan kepada anggota FKDM di Kabupaten Tangerang.

"FKDM merupakan wadah bagi elemen masyarakat yang dibentuk dalam rangka menjaga dan memelihara kewaspadaan dini masyarakat. Alhamdulillah Kabupaten Tangerang memiliki FKDM mulai dari tingkat kecamatan, yang terdiri dari unsur lapisan masyarakat seperti tokoh masyarakat, tokoh agama, linmas, babinsa dan bhabinkamtibmas," kata Rudi Lesmana.

Rudi menyampaikan bahwa menjelang pemilu dan pilkada, perlu penanganan potensi  Ancaman, Gangguan, Hambatan dan Tantangan (AGHT) untuk mencegah konflik yang lebih besar. Maka dari itu, diperlukan deteksi dan cegah dini dalam rangka mendukung kesuksesan berjalannya pemilu dan pilkada serentak tahun 2024.

"Di samping pencegahan masalah yang timbul seperti intoleransi dan terorisme, menjelang tahun politik ini diperlukannya deteksi dini dari berbagai isu permasalahan yang ada,” tukasnya.