Pemkab Tangerang Prioritaskan Perkembangan UMKM di Wilayahnya

M. Isa | Selasa, 23/04/2024 19:41 WIB
Pemkab Tangerang Prioritaskan Perkembangan UMKM di Wilayahnya Kantor Pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah (Pemkab) Kabupaten Tangerang terus mendukung dan memprioritaskan perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau UMKM sebagai penopang ekonomi daerah.

"Kami dari pemerintah daerah akan senantiasa mendukung dan memprioritaskan perkembangan UMKM karena UMKM Kabupaten Tangerang ini sangat luar biasa sekali," kata Pj Bupati Tangerang Andi Ony di Tangerang, Selasa, 23 April 2024.

Ony mengungkapkan, pertumbuhan UMKM dan IKM telah teruji saat pandemi Covid-19. Data BPS 2023 menunjukkan bahwa sektor UMKM mampu menyumbang 61,9% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) nasional.

Sementara itu, kata Ony, di Kabupaten Tangerang terdapat sekitar 59.000 lebih UMKM dan sektor usaha unggulan yang pertama adalah kuliner sebanyak 5.000 lebih.

"UMKM telah banyak belajar pada saat Covid-19, karena pada saat Covid-19 itu semua daerah itu turun sekali pertumbuhannya, hanya pertumbuhan UMKM dan IKM (Industri Kecil Menengah) yang mampu menopang perekonomian," ungkapnya.

Tak lupa, Ony juga berpesan kepada seluruh anggota Komamintang (Komunitas Makanan dan Minuman Tangerang) agar saling menopang dan membantu, saling bersinergi dan berkolaborasi untuk maju dan lebih berkembang.

"Kami berpesan agar pelaku usaha mikro saling membantu dan saling menopang satu dengan yang lainnya. Saling sinergi dan berkolaborasi agar pelaku UMKM lebih maju dan berkembang lagi dan meningkatkan sektor perekonomian di masyarakat," ucapnya.


Berita Terkait :