Komisi V DPR Apresiasi Kinerja Pemerintah Tangani Mudik Lebaran 2023

M. Isa | Rabu, 24/05/2023 22:15 WIB
Komisi V DPR Apresiasi Kinerja Pemerintah Tangani Mudik Lebaran 2023 Arus mudik lebaran 2023 (foto: radarbangsa)

RADARBANGSA.COM – Komisi V DPR RI melakukan Rapat Kerja (Raker) dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk membahas “Evaluasi Pelaksanaan Infrastruktur dan Transportasi pada Mudik Lebaran Tahun 2023” di Ruangan Komisi V DPR, Jakarta, Rabu, 24 Mei 2023.

Dalam kesempatan itu, Komisi V DPR mengapresiasi kinerja pemerintah dalam melancarkan penyelenggaraan arus mudik dan balik Lebaran 2023, sekaligus memberikan sejumlah catatan perbaikan.

“Kami atas nama Komisi V DPR RI mengucapkan terima kasih dan apresiasi tinggi atas kinerja pemerintah menangani mudik Lebaran tahun 2023,” kata Ketua Komisi V DPR RI, Lasarus.

Menurut Lasarus, sejumlah indikator positif yang dihasilkan dalam penyelenggaraan arus mudik dan balik Lebaran, diantaranya yaitu: angka kecelakaan dan korban jiwa yang menurun, dan tingkat kepuasan masyarakat yang meningkat berdasarkan hasil survei publik evaluasi penyelenggaraan mudik Lebaran 2023.

Menanggapi itu, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyampaikan bahwa apresiasi ini menjadi dorongan bagi pemerintah untuk terus meningkatkan pengelolaan arus mudik di masa yang akan datang guna memberikan kenyamanan, keamanan, dan kelancaran bagi para pemudik.

“Terima kasih kepada para anggota Komisi V DPR RI yang memberikan catatan-catatan kepada kami, sehingga mudik yang aman dan berkesan dapat terwujud,” ujar Menhub Budi Karya Sumadi.

Menhub Budi mengaku, meski masyarakat puas dengan pelayanan selama mudik lebaran lalu, pihaknya tidak cukup sampai disitu, tetapi akan terus meningkatkan pelayanan pada masa mudik mendatang.

“Kami akan terus berupaya meningkatkan apa yang masih kurang sehingga mudik tahun depan tidak ada masalah-masalah yang berarti,” ucapnya.

Sebagai informasi, berdasarkan data per 23 Mei 2023, mobilitas penumpang umum pada masa angkutan lebaran 2023 mengalami peningkatan sebesar 17,33 Juta penumpang atau 15,28% dibandingkan tahun 2022. Kenaikan penumpang terbesar dialami oleh angkutan kereta api sebesar 32,12%. Diikuti oleh angkutan udara 27,72%, angkutan penyeberangan 12,05%, angkutan laut 2,63%, dan angkutan jalan 0,11%.