BNPB Gelar Simulasi Klaster Logistik Nasional

M. Isa | Rabu, 24/05/2023 17:58 WIB
BNPB Gelar Simulasi Klaster Logistik Nasional BNPB menggelar simulasi klaster logistik nasional (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui Kedeputian Logistik dan Peralatan menggelar simulasi Klaster Logistik Nasional di Gedung INA DRTG BNPB, Sentul, Bogor, Jawa Barat, Selasa , 23 Mei 2023.

“Klaster logistik nasional dibentuk oleh pemerintah, peraturan tersebut diamanatkan kepada kita untuk segera membentuk Klaster Nasional. BNPB bertugas sebagai koordinator sehingga kita harus segera merealisasikan ini,” kata Deputi Bidang Logistik dan Peralatan BNPB Lilik Kurniawan dalam rilisnya, Rabu, 24 Mei 2023.

Lilik berharap acara yang diikuti oleh perwakilan dari Pusdalops BNPB, BPBD Provinsi Jawa Barat, PT Pos Indonesia hingga PMI dapat memberikan infut yang bermanfaat bagi mereka terutama dalam hal logistik sebagai bagian dari solusi penanggulangan bencana.

“Bagaimana peran Klaster nasional, sebenarnya fungsi-fungsinya seperti apa, bagaimana Klaster Logistik ini menjadi solusi penanganan bencana nasional,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Lilik juga mengatakan bahwa selain memahami peran dan fungsi, seluruh sektor harus memiliki rencana kontijensi (renkon) yang berkaitan dengan logistik. Dalam hal ini, Lilik menekankan bahwa data dan informasi menjadi modal utama manajemen dan pelaksanaan klaster logistik.

“Kita menyusun rencana kontijensi yang selalu berkaitan dengan logistik, dimana data tersebut sulit diperoleh, sehingga dengan adanya Klaster Logistik kita akan mempunyai database tingkat Prov/Kab/Kota juga oleh semua pihak yang ada dalam Klaster Logistik ini,” tukasnya.