Gus Halim Dapat Gelar Sutan Khalifah dari Warga Minangkabau

M. Isa | Senin, 22/05/2023 21:01 WIB
Gus Halim Dapat Gelar Sutan Khalifah dari Warga Minangkabau Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar (kanan) foto: istimewa

RADARBANGSA.COM – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar mendapatkan gelar Sutan Khalifah dari warga Minangkabau, Sumatera Barat.

"Saya terharu dapat gelar sutan khalifah. Ini suatu kebanggaan buat saya dari warga minangkabau," kata Mendes PDTT, Abdul Halim Iskandar di Lima Puluh Kota, Sabtu, 20 Mei 2023 lalu.

Dalam pengukuhan gelar tersebut, Gus Halim-sapaan akrabnya menyampaikan bahwa Kemendes PDTT telah mengarahkan pembangunan di desa dengan SDGs Desa yang memiliki 18 arah tujuan pembangunan berkelanjutan di desa. Salah satunya SDGs Desa ke-18 yakni Kelembagaan Desa Dinamis dan Budaya Desa Adaptif.

"Ranah Minang menjaga kuat rumah simbolik budaya, adat, dan agama," kata Gus Halim.

Menurut Gus Halim, salah satu penyangga penting keberlanjutan rumah simbolik ini adalah keberlanjutan pemimpin adat yang meneruskan berbagai tindakan adat.

"Tidak hanya untuk meneruskan berbagai tindakan adat, yang lebih penting lagi ialah mengambil keputusan-keputusan baru sesuai dinamika kehidupan, namun tetap bersandar pada budaya, adat, dan agama," ungkapnya.

TAG : Gus Halim , PKB