Amure Wujudkan Aspirasi Warga Bulukumba Lewat Festival Pesona Etnik

Sodiqul Anwar | Jum'at, 12/05/2023 12:00 WIB
Amure Wujudkan Aspirasi Warga Bulukumba Lewat Festival Pesona Etnik Anggota Komisi X DPR RI Fraksi PKB, Andi Muawiyah Ramli (foto istimewa)

RADARBANGSA.COM - Anggota Komisi X DPR RI Andi Muawiyah Ramli mewujudkan aspirasi warga Bulukumba, Sulawesi Selatan berupa Festival Pesona Etnik dan Tari Tradisi Bulukumba di Hotel Same Resort Bira, Kamis (11/5/2023).

Kegiatan tersebut mengambil tajuk Bersih Indah Sehat dan Aman Festival (BISAFest) yang terselenggara berkat kerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan EKonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan Pemerintah Daerah Bulukumba.

Amure, demikian Andi Muawiyah karib disapa, dalam sambutannya mengaku senang sekaligus bersyukur dapat menyelenggarakan festival pesona etnik Bulukumba. Menurutnya Bulukumba selain dikenal kaya wisata alam yang indah, juga menyimpan tradisi yang unik dan ikonik.

“Bulukumba ini luar biasa kaya alam, juga kaya tradisi. Bahkan menjadi destinasi utama di Sulawesi Selatan yang dikunjungi wisatawan, dari luar maupun dalam negeri,” kata Amure.

Salah satu pendiri Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang juga dikenal sebagai sosok yang mencintai seni dan budaya itu merasa begitu bangga telah turut serta menjaga dan melestarikan tradisi luhur Bulukumba melalui BISAFest.

Amure menaruh harapan besar pesona etnik dan seni budaya tradisional Bulukumba seperti Bahine Kajang, Tari Sipakatau, Paqbitte Passapu, Topi Le'leng dan lainnya terus lestari dan dikenal secara luas oleh masyarakat.

“Saya ini pecinta seni dan budaya, termasuk warisan adiluhung Kajang di Bulukumba ini. Selain karena warisan leluhur, seni dan budaya etnik itu indah, penuh kedamaian,” tutur Amure.

BISAFest Bulukumba ini dihadiri pula oleh sejumlah tokoh, antara lain Ketua Tim Kerja Monitoring dan Evaluasi Event Daerah kemenparekraf Vicky Apriansyah, Kadispora Bulukumba Muhammad Daud Kahal, serta seniman Akhmad Dharsaf Pabotingi.

Selain itu, kegiatan yang dihadiri lebih dari 100 orang tersebut juga dimeriahkan oleh penampilan Sanggar Seni Alfarabi yang menampilkan dua kesenian tradisional Bulukumba, yaitu Tari Bahine Kajang dan Tari Sipakatau.