Menaker Ida Harap Peserta Pemagangan di Jepang Jadi Pengusaha

M. Isa | Jum'at, 05/05/2023 16:45 WIB
Menaker Ida Harap Peserta Pemagangan di Jepang Jadi Pengusaha Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah (foto: kemnakergoid)

RADARBANGSA.COM – Di sela-sela lawatannya ke Jepang, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah menemui para peserta pemagangan di Narita, Jepang, Kamis (4/5/2023).

Dalam kesempatan itu, Menaker Ida Fauziyah meminta para peserta pemagangan asal Indonesia agar mempergunakan kesempatan selama magang di Jepang dengan sebaik-baiknya.

"Niatkanlah dari sekarang bahwa selama mengikuti program pemagangan ini semata-mata bertujuan untuk meningkatkan kompetensi, etos kerja, dan pengalaman untuk bekal dalam mewujudkan cita-cita adik-adik," kata Menaker Ida Fauziyah.

Menurut Menaker Ida Fauziyah, melalui program pemagangan di Jepang, nantinya para peserta mendapatkan keterampilan yang dapat digunakan, baik untuk bekerja di perusahaan maupun untuk berwirausaha.

"Dalam praktik yang sudah kita ketahui bersama, tidak sedikit dari teman-teman yang pernah melakukan pemagangan itu pulangnya jadi juragan, menjadi pengusaha," ucapnya.

Diketahui, kerja sama program pemagangan antara Indonesia dan Jepang telah terjalin selama 30 tahun. Selama kurun waktu tersebut, 43.617 pemuda Indonesia telah mengikuti program pemagangan di Jepang, di mana 39 ribu di antaranya tercatat masih aktif mengikuti pemagangan di Jepang.