Hindari Kemacetan, Pemerintah Anjurkan Masyarakat Mudik Lebih Awal

M. Isa | Jum'at, 14/04/2023 23:44 WIB
Hindari Kemacetan, Pemerintah Anjurkan Masyarakat Mudik Lebih Awal Dishub dan Polresta Tangerang Kota mulai lakukan pemasangan rambu lalu lintas untuk memudahkan pemudik lebaran (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah menganjurkan masyarakat untuk mudik lebih awal agar terhindar dari kepadatan di hari puncak arus mudik Lebaran tahun ini, yang diprediksi akan terjadi mulai tanggal 18 sampai dengan 21 April 2023.

“Bagi masyarakat yang sudah bisa libur, silahkan mudik lebih awal mulai hari ini tanggal 13 April sampai dengan 17 April nanti karena jalanan masih tidak terlalu padat,” ujar Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi di Jakarta, Jumat, 14 April 2023.

Menhub Budi menjelaskan bahwa sejumlah upaya dilakukan pemerintah untuk memecah kepadatan arus penumpang dan kendaraan di satu hari tertentu, sehingga tidak terjadi satu puncak arus mudik yang terlalu tinggi yang menyebabkan kepadatan tidak bisa dikendalikan.

“Kami berharap dengan upaya-upaya antisipasi yang telah dilakukan, perbandingan antara kapasitas jalan maupun simpul transportasi dengan volume penumpang dan kendaraan atau volume to capacity (V/C) Ratio bisa tetap di bawah angka 1 yang artinya masih lancar,” jelas Budi Karya Sumadi.

Diketahui, Pemerintah dari berbagai sektoral telah meresmikan  Pos Koordinasi atau Posko Angkutan Lebaran Idul Fitri 1444 H di kantor Kementerian Perhubungan Jakarta, Jumat, 14 April 2023.

Mennurut Menhub Budi, posko ini bertujuan untuk mengkoordinasikan penyelenggaraan angkutan Lebaran di seluruh wilayah Indonesia secara terpadu. “Bapak Presiden Joko Widodo menaruh perhatian yang tinggi terhadap upaya pelayanan mudik,” katanya.