Pemerintah Luncurkan E-book untuk Mudik Aman Lebaran 2023

M. Isa | Selasa, 04/04/2023 19:16 WIB
Pemerintah Luncurkan E-book untuk Mudik Aman Lebaran 2023 Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Serang-Panimbang Seksi 1 ruas Serang-Rangkasbitung, Selasa (16/11). (Foto: twitter @jokowi)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) meluncurkan panduan perjalanan mudik melalui buku elektronik atau e-book, Mudik Aman Berkesan 2023. E-book ini memberikan tips mudik aman, nyaman dan penuh makna bagi yang hendak mudik.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kemenkominfo, Usman Kansong mengatakan, hanya dengan meng-klik tautan s.id/mudiklebaran masyarakat akan disajikan berbagai informasi penting yang akan membuat perjalanan lancar, terukur dan aman.

“E-book mudik 2023 ini sesungguhnya melanjutkan kerja tim komunikasi publik mudik tahun sebelumnya untuk memberikan panduan kepada masyarakat. Agar ketika melakukan mudik, bisa dengan nyaman, aman dan berkesan," ujarnya.

Menurut Usman, panduan dan informasi e-book semakin penting karena diprediksi jumlah pemudik melonjak tajam dibanding tahun-tahun sebelumnya.

“Untuk itu masyarakat perlu mendapat penjelasan. Tujuannya apa? Pemudik akan bisa menentukan, misalnya kapan dan melalui jalur mana saat akan mudik. Menghindari penumpukkan,” katanya.

Sementara itu, Tenaga Ahli Menteri Perhubungan Thonthowi Djauhari mengatakan, buku e-book ini sangat bermanfaat dan membantu masyarakat untuk merencanakan mudik yang aman dan nyaman.

“Buku e-book ini menjadi panduan, baik yang akan mudik lewat darat, laut, maupun udara,” tukas Thonthowi Djauhari.