Kota Tangerang Berhasil Wujudkan 79 Sekolah Inklusi

M. Isa | Senin, 06/03/2023 23:01 WIB
Kota Tangerang Berhasil Wujudkan 79 Sekolah Inklusi Kantor Pusat Pemerintahan Kota Tangerang (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Pendidikan (Disdik) berupaya mewujudkan pendidikan berbasis kesetaraan.

Kepala Dinas Pendidikan, Kota Tangerang, Jamaludin mengatakan, melalui program “Sekolah Inklusi” yang telah diluncurkan sejak dua tahun belakangan, Pemkot Tangerang telah berhasil menerapkan program tersebut secara efektif di 79 sekolah.

“Sekolah Inklusi telah menjadi perhatian kita sejak dua tahun belakangan. Tercatat, kita telah mampu menyediakan ruang pendidikan yang setara secara merata,” kata Jamaludin di Tangerang, Senin, 6 Maret 2023.

Jamaludin menjelaskan bahwa Sekolah Inklusi merupakan program yang bertujuan mewujudkan kesempatan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), seperti tunagrahita, speech delay, tunanetra, autis, dan kebutuhan khusus lainnya, untuk mendapatkan akses pendidikan yang setara dan serupa di sekolah-sekolah reguler yang ada.

“Saat ini, program ini telah diterapkan di 13 Taman Kanak-kanak (TK), 53 Sekolah Dasar (SD), dan 13 Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang tersebar secara merata di 13 Kecamatan di Kota Tangerang,” jelasnya.

Menurut Jamaludin, Sekolah Inklusi ini juga telah berhasil memfasilitasi ratusan ABK untuk mendapatkan akses pendidikan yang sama, “Pemkot Tangerang juga telah menyediakan ratusan Guru Pendamping Khusus (GPK) berkompeten yang diharapkan mampu mengakomodir keberhasilan program tersebut sesuai dengan target yang telah ditentukan,” tukasnya.


Berita Terkait :