Pemerintah Resmikan Desa Devisa Klaster Kopi di Bener Meriah

M. Isa | Kamis, 12/01/2023 17:07 WIB
Pemerintah Resmikan Desa Devisa Klaster Kopi di Bener Meriah Ilustrasi Kopi (foto: dongengkopi.id)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) meresmikan Desa Devisa Klaster Kopi di Kabupaten Bener Meriah, Aceh, Rabu, 11 Januari 2023.

Direktur Jenderal (Dirjen) Kekayaan Negara, Rionald Silaban mengatakan, pengembangan Desa Devisa di Kabupaten Bener Meriah ini merupakan hasil sinergi antara Pemerintah Aceh, LPEI, Kementerian Keuangan Satu Aceh, Pemerintah Kabupaten Bener Meriah serta Bank Syariah Indonesia dengan 125 petani kopi dari 5 Desa yang berada di Kabupaten Bener Meriah.

“Kami harap pendampingan dan dukungan dari LPEI bisa mendorong kualitas produksi kopi gayo yang sudah sangat mendunia ini semakin lebih baik lagi dan menghasilkan kualitas terbaiknya sehingga bisa berdaya saing global dengan komoditas kopi yang berasal dari negara lain,” ujar Rionald Silaban.

Rio juga mengapresiasi seluruh pihak yang terlibat dan berharap peresmian Desa Devisa ini dapat menjadi bahan bakar semangat yang lebih besar lagi bagi para pihak untuk menciptakan sinergi dalam rangka meningkatkan kesejahteraan dan pendapatan penggiat usaha/petani kopi, sehingga mampu berkontribusi dalam peningkatan ekspor dan pendapatan devisa yang berkelanjutan.

Sementara itu, Direktur Pelaksana Bidang Keuangan dan Operasional LPEI Agus Windiarto menyampaikan LPEI sebagai Special Mission Vehicle (SMV) Kementerian Keuangan mempunyai tekad yang kuat untuk komoditas primadona bener meriah itu menembus pasar ekspor.

”Melalui program Desa Devisa, LPEI akan memberikan pelatihan dan pendampingan kepada petani kopi dan koperasi pendamping di Kabupaten Bener Meriah. Tujuannya, untuk meningkatkan kapasitas dan daya saing sehingga membawa produk unggulan lokal yang mendunia” ujarnya.


Berita Terkait :