Wapres Maruf Amin Tegaskan PPKM di Indonesia Pasti akan Dicabut

Rahmad Novandri | Kamis, 29/12/2022 18:51 WIB
Wapres Maruf Amin Tegaskan PPKM di Indonesia Pasti akan Dicabut KH Maruf Amin (Wakil Presiden RI). (Foto: twitter @Kiyai_MarufAmin)

RADARBANGSA.COM - Wakil Presiden (Wapres) RI, KH Maruf Amin menyampaikan bahwa pemerintah pasti akan mencabut kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) setelah dilakukan evaluasi. 

"PPKM memang akan dicabut, tapi tunggu sebentar ya. Artinya karena dianggapnya sudah landai, jadi menunggu hasil evaluasi Nataru (Natal dan Tahun Baru) ya," kata Kiai Maruf di Istana Wapres Jakarta, Kamis, 29 Desember 2022.

Wacana pencabutan kebijakan PPKM sebelumhya juga sudah disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Menurutnya, kajian dari seluruh menteri koordinator dan menteri kesehatan mengenai kemungkinan dihentikannya PPKM akan selesai pada akhir Desember dan selanjutnya akan dihasilkan keputusan. 

"Tapi bahwa itu sudah akan diputuskan hanya memang nanti walau pergerakan masyarakat itu tidak lagi dibatasi, tapi jangan merasa bahwa sudah aman betul ya," tutur Wapres.

Untuk itu, Kiai Maruf tetap meminta masyarakat agar terus disiplin menerapkan protokol kesehatan (Prokes). "Vaksinasi harus tetap jalan terus ya, untuk kekebalan masyarakat itu," ucapnya.

Namun Wapres meminta agar masyarakat menunggu waktu resmi pengumuman pencabutan keputusan pencabutan PPKM. "Pengumumannya tunggu saja," tutup Wapres.