Legislator PKB Fathan Subchi Pemerintah Tuntaskan Kesenjangan Ekonomi di Maluku

M. Isa | Jum'at, 23/12/2022 18:43 WIB
Legislator PKB Fathan Subchi Pemerintah Tuntaskan Kesenjangan Ekonomi di Maluku Sekretaris Fraksi PKB, Fathan Subchi (foto: isitimewa)

RADARBANGSA.COM – Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Fathan Subchi meminta setiap stakeholder terkait harus bersatu padu untuk menuntaskan kesenjangan ekonomi di Provinsi Maluku. Sebab, terdapat sebuah ironi bahwa pertumbuhan ekonomi yang tinggi tidak dibarengi dengan penurunan angka kemiskinan di provinsi tersebut.

“Jika hal ini dibiarkan, maka kesenjangan ekonomi akan semakin terbuka lebar hingga mengakibatkan munculnya permasalahan sosial yang tidak terelakkan,” kata Fathan Subchi dalam keterangannya, Kamis, 22 Desember 2022.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu mengatakan, Provinsi Maluku adalah provinsi yang terkenal dengan sumber perikanan yang melimpah. Namun, ia menyayangkan bahwa tingkat kemiskinan masih tinggi.

“Pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan seluruh stakeholder harus bersatu padu meningkatkan langkah kolaborasi, bagaimana meningkatkan segala aktivitas sehingga bisa menekan angka kemiskinan supaya angka tenaga juga kerja juga naik dan pertumbuhan ekonomi lebih maksimal,” imbuhnya.

Fathan mengungkapkan bahwa tantangan besar di Provinsi Maluku adalah belum meratanya teknologi dan infrastruktur. Terdiri dari 1.349 pulau yang dikelilingi oleh 92,4 persen lautan, ia meminta setiap stakeholder berinovasi agar ketertinggalan tersebut terkejar.

“Efektivitas, digitalisasi, konektivitas, jaringan listrik harus kita genjot terutama juga infrastruktur sehingga mendekatkan seluruh akses kepada beberapa sektor yang produktif. Kita juga sudah mendorong beberapa inovasi-inovasi besar sehingga masyarakat bisa beraktivitas dengan baik bisa menekan kemiskinan ini,” ungkap Fathan.