Presiden Jokowi Sebut Pemerintah Kemungkinan Akhiri PPKM

Rahmad Novandri | Rabu, 21/12/2022 18:40 WIB
Presiden Jokowi Sebut Pemerintah Kemungkinan Akhiri PPKM Joko Widodo (Presiden RI). (Foto: twitter @jokowi)

RADARBANGSA.COM - Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan bahwa pemerintah pada akhir tahun 2022 kemungkinan akan menyatakan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dihentikan. Hal itu, terang Presiden, melihat kasus harian yang menurun beberapa hari terakhir.

"Hari ini, kemarin, kasus harian kita berada di angka 1.200, dan mungkin nanti akhir tahun, kita akan menyatakan berhenti PSBB, PPKM kita," ujarnya dilansir dari antaranews, Rabu, 21 Desember 2022.

Presiden mengatakan hingga data terakhir, tren penurunan kasus harian COVID-19 terus terjadi. Dicontohkannya, hingga Selasa (20/12), kasus COVID-19 secara harian sebesar 1.200 kasus. Jumlah itu menunjukkan penurunan drastis dibanding puncak kasus saat varian COVID-19 Omicron yang mencapai 64 ribu kasus. 

"Perjalanan seperti itu harus kita ingat betapa sangat sulitnya," imbuhnya.

Presiden mengatakan situasi sulit pandemi COVID-19 dapat dikelola dengan baik, sehingga menjadi terkendali. Hal itu karena pemerintah bersikap tenang dan melakukan kalkulasi dengan cermat untuk mengendalikan situasi sulit.

"Kita ingat saat itu, alat pelindung diri kurang, oksigen tak ada. Pasien numpuk di rumah sakit. Untung kita saat itu masih tenang, tidak gugup, tidak gelagapan, sehingga situasi yang sangat sulit itu dapat kita kelola dengan baik," kata Presiden Jokowi.