Kunjungan Wisman ke Indonesia Lampui Target

Anata Lu’luul Jannah | Rabu, 07/12/2022 16:38 WIB
Kunjungan Wisman ke Indonesia Lampui Target Wisatawan China di Bali (Doc: Tagar)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah menyatakan jika kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia sampai Oktober 2022 telah melampui target. 

Kunjungan wisman ini sudah mencapai 3,92 juta kunjungan dari target yang dtitetapkan di antara 1,8 juta-3,6 juta.

"Berarti sudah melewati target 3,6 juta batas atas. Dan jika momentum ini terus kita tingkatkan, maka akan bisa menembus lebih dari 5 juta kunjungan wisatawan mancanegara," ujar  Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno dalam keterangan tertulisnya, Rabu 7 Desember 2022.

Lebih rinci, saat ini Wisatawan Malaysia menempati posisi pertama sebagai wisman terbanyak di Indonesia, lalu diikuti Australia di peringkat kedua dan Singapura di peringkat ketiga. baca juga: Filter Instagram yang Bagus untuk Selfie, Jadi Bening!

"Timor Leste tembus top five, dan India peringkat lima," sambung Sandiaga.

Selain itu, occupancy rate atau tingkat hunian kamar mencapai angka di atas 50 persen. Menparekraf Sandiaga pun optimistis jika momentum ini bisa maksimalkan dengan baik, maka bukan hanya tahun 2022 kunjungan wisman mampu melebihi target, tapi target kunjungan wisman antara 3,6 juta - 7,2 juta di tahun 2023 juga bisa tercapai.

"Kami yakin kalau pun ada ancaman resesi tapi kita akan mampu untuk menghadapinya," ujar Sandiaga.


Berita Terkait :