Pulihkan Penerbangan ke Daerah, Kemenhub Dorong Pemda Bikin Stimulus

M. Isa | Rabu, 23/11/2022 14:20 WIB
Pulihkan Penerbangan ke Daerah, Kemenhub Dorong Pemda Bikin Stimulus Bandara Juanda Surabaya (foto: setkab)

RADARBANGSA.COM - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi Rapat Koordinasi (rakor) “Keberlangsungan Konektivitas Transportasi Udara dan Dukungan Pemerintah Daerah”, di Jakarta, Selasa, 22 November 2022.

Dalam kesempata itu, Menhub Budi mengajak pemerintah daerah turut membuat stimulus untuk bersama-sama memulihkan penerbangan ke daerah.

“Kami mengajak seluruh pihak untuk bekerja sama membuat stimulus untuk konektivitas transportasi udara di daerah-daerah, untuk memulihkan kembali sektor penerbangan setelah terdampak covid-19,” ujar Menhub Budi.

Menurut Menhub Budi, pihaknya telah melakukan berbagai upaya untuk memulihkan usai pandemi, seperti penerapan tarif PNBP sebesar Rp.0,- (nol rupiah) terhadap jasa pendaratan, penempatan dan penyimpanan pesawat udara (PJP4U) pada Bandara yang dikelola Kemenhub.

”Kami juga mendorong kehadiran pemda berupa dukungan stimulus pelayanan transportasi udara agar menjamin ketersediaan konektivitas di daerahnya," tukasnya.

Lebih lanjut, kata Menhub Budi, terdapat 2 (dua) model dukungan yang diberikan Pemda, yakni: pertama, model non stimulus, yakni Forum Koordinasi Pimpinan Daerah dan semua stakeholder berkomitmen melaksanakan perjalanan dengan transportasi udara.

Kedua, model stimulus (insentif), yakni Pemda memberikan subsidi biaya operasi pesawat (BOP), dan menjamin sejumlah tertentu tempat duduk yang terjual (block seat),” ungkapnya.


Berita Terkait :