Gus Halim: Perempuan Punya Peran Penting dalam Pembangunan Desa

M. Isa | Jum'at, 11/11/2022 21:53 WIB
Gus Halim: Perempuan Punya Peran Penting dalam Pembangunan Desa Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar (foto: kemendesagoid)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah melalui Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) telah membuat berbagai kebijakan dalam memberikan ruang seluas-luasnya bagi perempuan untuk terlibat di desa.

“Peran perempuan sangat penting dalam pembangunan desa, tidak sekedar pelangkap saja,” kata Mendes PDTT Halim Iskandar saat menerima Peserta Forum Nasional (Fornas) Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA) IV tahun 2022 di Kantornya, Kamis, 10 November 2022 kemarin.

Gus Halim menyampaikan bahwa PEKKA sangat berperan dalam perencanaan. Maka setiap kebijaka musyawarah desa pun, perempuan ditempatkan bukan sekedar kata-kata. Bahkan, katanya, dalam SDGs Desa pun, keterlibatan perempuan ada di dalam pembangunan desa.

“Ini kita munculkan betul pada level desa atau kita rumuskan di SDGs desa bahwa posisi perempuan didalam totalitas arah kebijakan pembangunan itu memiliki posisi yang amat sangat strategis," kata Gus Halim.

Sementara itu, Koordinator Pendidikan Akademi Paradigta PEKKA Indonesia, Siti Zamraini Alauti yang memimpin rombongan menyampaikan bahwa PEKKA sejak 2001 hingga 2022 telah membentuk koperasi primer dan sekunder di sejumlah wilayah serta satu induk koperasi yang dinamakan Koperasi PEKKA Nusantara dengan modal swadaya.

"Koperasi telah memberikan pinjaman untuk digunakan dalam membangun usaha, kebutuhan keluarga seperti membangun rumah, pendidikan anak, kesehatan dan lainnya," kata Siti Zamraini.


Berita Terkait :