Pemerintah Bakal Audit Bangunan Stadion Sepak Bola

M. Isa | Selasa, 11/10/2022 22:31 WIB
Pemerintah Bakal Audit Bangunan Stadion Sepak Bola Menpora Zainudin Amali (sumber:kemenpora)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah akan melakukan audit terhadap bangunan stadion, khususnya stadion sepak bola yang digunakan oleh klub yang saat ini tengah berkompetisi di liga Indonesia, baik Liga 1, Liga 2, dan Liga 3.

Hal ini menyusul pasca terjadinya peristiwa atau tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur pada Sabtu, 1 Oktober 2022 lalu yang memakan korban menjadi 714 orang dan korban meninggal dunia menjadi 131 jiwa.

“Dalam waktu dekat ini saya sedang menjadwalkan akan bersama dengan Menteri PUPR, kita akan ke Kanjuruhan lagi dan beberapa tempat, terutama stadion-stadion yang banyak penontonnya. Itu yang kita akan prioritaskan untuk diaudit oleh Menteri PUPR,” kata Menteri Olahraga (Menpora), Zainudin Amali dilansir setkab, Selasa, 11 Oktober 2022.

Menpora menyampaikan, upaya membangun standar keamanan stadion merupakan salah satu langkah transformasi sepak bola Indonesia yang dilakukan oleh Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA), Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC), dan Pemerintah Indonesia.

“Langkah ini tertuang dalam surat yang disampaikan oleh Presiden FIFA Gianni Infantino kepada Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Di dalam surat FIFA itu, ada lima hal yang diminta di situ. Pertama, adalah kita memastikan stadion tempat pertandingan itu, dia menjadi tempat yang aman dan nyaman,” imbuhnya.

Sementara itu, soal tragedi Kanjuruhan, Menpora mengungkapkan progres dari Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) Peristiwa Kanjuruhan yang terus bekerja mengumpulkan fakta-fakta di lapangan.

“Semuanya menghimpun fakta-fakta lapangan yang nanti pada akhirnya akan disimpulkan dan akan menjadi rekomendasi dari Tim Gabungan Independen Pencari Fakta,” tuturnya.


Berita Terkait :