Pastikan Cacar Monyet Belum Masuk ke Indonesia, Wapres: Pemerintah Telah Siapkan Antisipasi

Rahmad Novandri | Rabu, 27/07/2022 17:58 WIB
Pastikan Cacar Monyet Belum Masuk ke Indonesia, Wapres: Pemerintah Telah Siapkan Antisipasi KH Maruf Amin (Wakil Presiden RI). (Foto: twitter @Kiyai_MarufAmin)

RADARBANGSA.COM - Wakil Presiden (Wapres) KH. Maruf Amin menyampaikan, dari laporan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bahwa cacar monyet belum masuk ke Indonesia.

"Saya kira menurut laporan Kementerin Kesehatan belum terbukti ada di Indonesia," ujar Kiai Maruf dilansir dari okezone.com, Rabu, 27 Juli 2022.

Meskipun begitu, terang Wapres, pemerintah telah menyiapkan antisipasi adanya potensi cacar monyet di Indonesia. Mengingat saat ini World Health Organization (WHO) telah menetapkan status darurat.

“Tetapi pemerintah melakukan antisipasi sebab sudah dinyatakan oleh WHO sudah bahaya global. Karena itu Indonesia melakukan antisipasi, tapi belum ada. Saya kira itu,” tegasnya.

Sebelumnya, Juru Bicara Pemerintah, Wiku Adisasmito menyampaikan bahwa pemerintah telah mengantisipasi masuknya penyakit cacar monyet ke Indonesia, yakni menunjuk dua laboratorium untuk mendeteksi penyakit tersebut di Indonesia.

Adapun Laboratorium yang ditunjuk pemerintah yakni Laboratorium Pusat Studi Satwa Primata (PSSP) Institut Pertanian Bogor (IPB) di Bogor dan Laboratorium Penelitian Penyakit Infeksi Prof Dr Sri Oemijati di Jakarta.

“Dengan ditetapkannya status darurat internasional terhadap cacar monyet oleh WHO, pemerintah telah menyiapkan komponen-komponen yang diperlukan dalam usaha deteksi awal penyakit seperti penunjukan dua laboratorium untuk melakukan uji sampel yaitu Laboratorium Pusat Studi Satwa Primata atau PSSP IPB di Bogor dan Laboratorium Penelitian Penyakit Infeksi Prof Dr Sri Oemijati di Jakarta,” tukas Wiku.