Catat! Satgas Sebut Subvarian Omicron Dominasi 81 Persen Varian COVID-19 Nasional

Rahmad Novandri | Kamis, 14/07/2022 17:12 WIB
Catat! Satgas Sebut Subvarian Omicron Dominasi 81 Persen Varian COVID-19 Nasional Wiku Adisasmito (Juru Bicara Penanganan COVID-19). (foto: istimewa)

 

RADARBANGSA.COM - Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito mengatakan bahwa distribusi subvarian baru Omicron yakni BA.4 dan BA.5 mendominasi sekitar 81 persen dari varian COVID-19 nasional. Untuk itu, WIku mengimbau pada masyarakat agar tetap waspada dan meningkatkan kesiapsiagaan lebih tinggi.

"Berkaca dari pengalaman di negara lain, umumnya puncak kasus terjadi sekitar 16 sampai 33 hari. Sedangkan puncak rawat inap sekitar 29-49 hari kemudian sejak subvarian ini pertama kali ditemukan," kata Wiku.

Wiku menambahkan jika ditelaah, kedua subvarian tersebut muncul di tanggal 6 Juni 2022 atau sekitar 36 hari yang lalu, sehingga masih ada potensi kenaikan kasus kedepannya. Namun potensi tersebut dapat dicegah jika menjalankan perilaku hidup bersih dan sehat.

Wiku menjelaskan pada prinsipnya vaksin memiliki tiga manfaat besar yaitu mencegah terinfeksi, mencegah perburukan gejala jika terinfeksi, dan mengurangi jumlah virus yang ada di dalam tubuh agar tidak mudah menularkan. Seseorang yang sudah divaksin lengkap, bahkan booster sekalipun tidak menjamin dapat 100 persen kebal dari COVID-19.