Menlu RI-Inggris Bahas Isu Ketahanan Pangan dan Energi

Rahmad Novandri | Kamis, 07/07/2022 21:52 WIB
Menlu RI-Inggris Bahas Isu Ketahanan Pangan dan Energi Menlu RI, Retno Marsudi melakukan pertemuan bilateral dengan Menlu Inggris, Elizabeth Truss di Nusa Dua, Bali, Kamis (7/7). (Foto: twitter @Menlu_RI)

RADARBANGSA.COM - Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Retno Marsudi dan Menlu Inggris Elizabeth Truss membahas sejumlah isu terkait ketahanan pangan dan energi dalam pertemuan bilateral yang dilakukan di sela-sela Pertemuan Menlu G20 (G20 Foreign Ministers` Meeting/FMM) di Nusa Dua, Bali, Kamis, 7 Juli 2022. Dalam konteks kerja samamultilateral, Menlu Truss mengapresiasi Presidensi Indonesia G20 dan percaya dengan kepemimpinan Indonesia dalam menangani isu ketahanan pangan dan energi di forum global.

“Dalam pertemuan juga telah dibahas perkembangan terkini di Ukraina. Kedua menlu sepakat mengenai pentingnya mencari jalan untuk mengamankan isu pangan bagi dunia,” kata Kementerian Luar Negeri RI dalam keterangan tertulis yang dikutip dari antaranews.

Sementara terkait kerja sama bilateral, kedua menlu berkomitmen untuk memperkuat kerja sama di bidang energi terbarukan. Inggris menyatakan kesiapannya mendukung Indonesia dalam pengembangan energi angin dan solar.

Menlu RI juga menyambut baik rencana dibukanya Kantor Investasi Inggris di Jakarta dalam waktu dekat. Selanjutnya, kedua menlu berkomitmen terhadap implementasi Peta Jalan Kemitraan Indonesia-Inggris yang diluncurkan pada April 2022.