Akhir Juni, Presiden Jokowi Dijadwalkan ke Rusia dan Ukraina

M. Isa | Rabu, 22/06/2022 17:55 WIB
Akhir Juni, Presiden Jokowi Dijadwalkan ke Rusia dan Ukraina Presiden Joko Widodo (foto: setkabgoid)

RADARBANGSA.COMPresiden Joko Widodo (Jokowi) diagendakan akan melakukan rangkaian kunjungan kerja luar negeri pada akhir bulan Juni 2022ini tepatnya pada tanggal 26-27 Juni 2022.

Menurut Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi dalam rilisnya, Presiden Jokowi akan mengunjungi Jerman, Ukraina, Rusia, dan Uni Emirat Arab. Sementara itu di Jerman, Jokowi akan menghadari Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 yang akan berlangsung di Elmau.

“Beberapa negara non-G7 atau disebut G-7 Partner Countries yang mendapatkan undangan untuk hadir dalam KTT G7 adalah Indonesia, India, Senegal, Argentina, dan Afrika Selatan,” ujar Menlu Retno Marsudi.

Menlu Retno mengungkapkan, salah satu isu yang akan dibahas dalam G7 Summit for Partner Countries tersebut adalah mengenai masalah pangan, energi, dan keuangan yang terdampak pandemi COVID-19 dan konflik antara Rusia dan Ukraina.

“COVID-19 memberikan dampak pada ekonomi dunia. Dan, di tengah upaya pemulihan ekonomi, terjadi perang di Ukraina. Meskipun perang terjadi di Ukraina, namun dampaknya dirasakan oleh seluruh dunia. Kita semua paham posisi Ukraina dan Rusia dalam rantai pasok pangan dan energi global,” ujarnya.

Di sela KTT, lanjut Menlu Retno, Presiden Jokowi juga akan melakukan pertemuan bilateral dengan sejumlah pemimpin negara G7 dan negara undangan lainnya.

“Permintaan pertemuan bilateral banyak sekali diterima oleh Presiden dan tentunya semaksimal mungkin akan diatur,” kata Retno.