Presiden Jokowi Perintahkan Kemenlu dan Dubes Bantu Pemulangan Jenazah Putra Ridwan Kamil

M. Isa | Jum'at, 10/06/2022 17:38 WIB
Presiden Jokowi Perintahkan Kemenlu dan Dubes Bantu Pemulangan Jenazah Putra Ridwan Kamil Presiden Joko Widodo (foto: setkabgoid)

RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menginstruksikan Kementerian Luar Negeri (Kemlu) dan Duta Besar RI untuk Swiss untuk memberikan dukungan penuh terkait proses pemulangan jenazah Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

“Saya sudah perintahkan kepada Kementerian Luar Negeri, pada Dubes, untuk secara maksimal membantu kepulangan jenazah dari Swiss ke Indonesia dan kita harapkan insyaallah segera bisa terlaksana pemulangan jenazahnya,” kata Presiden Jokowi dalam keterangannya, Jumat 10 Juni 2022.

Seperti diketahui, Duta Besar RI untuk Swiss Muliaman Hadad menyampaikan kabar penemuan jenazah di area Bendungan Engehalde oleh Kepolisian Bern sekitar pukul 06.50 waktu setempat atau 11.50 WIB.

“Pada hari Kamis, 9 Juni 2022 siang waktu Swiss, pihak kepolisian menyampaikan konfirmasi bahwa hasil tes DNA bahwa jasad yang ditemukan kemarin adalah Ananda Emmeril Kahn Mumtadz atau Ananda Eril,” ujar Muliaman Hadad dalam keterangan pers secara virtualnya, Kamis 9 Juni 2022.

Muliaman juga menegaskan bahwa KBRI Bern tentunya memastikan bahwa penghormatan hak-hak Eril sebagai muslim terpenuhi dengan syariat Islam. Untuk selanjutnya KBRI Bern akan terus mendampingi keluarga, persiapan dan pengurusan dan repatriasi Ananda Eril ke tanah air.

“KBRI juga akan melakukan pengawalan dalam proses repatriasi Ananda Eril tiba di Indonesia. Kami mohon doa dan dukungan teman-teman media agar seluruh proses kepulangan Ananda Eril dapat berjalan dengan lancar,” tukasnya.