Pemerintah Segera Revitalisasi Terminal Tipe A Giwangan Yogyakarta

M. Isa | Senin, 30/05/2022 20:28 WIB
Pemerintah Segera Revitalisasi Terminal Tipe A Giwangan Yogyakarta Menhub Budi Karya Sumadi (foto: dephubgoid)

RADARBANGSA.COM - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengatakan, Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan segera memulai proyek revitalisasi Terminal Tipe A Giwangan di Yogyakarta.

Menurut Menhub Budi Karya Sumadi, bangunan eksisting gedung Terminal Giwangan yang ada saat ini sudah cukup megah, dan hanya perlu dilakukan renovasi.

“Kita sudah siapkan anggaran untuk bangunan baru, tapi akan kami evaluasi karena bangunannya (eksisting) sudah megah. Kita ingin setiap rupiah yang dikeluarkan, harus menghasilkan layanan yang baik. Kita ingin terminal ini lebih nyaman dan indah,” kata Menhub Budi Karya Sumadi dalam rilisnya, Minggu 29 Mei 2022.

Ia berharap dukungan dari Pemkot Yogyakarta untuk mensukseskan revitalisasi Terminal Giwangan dan juga mengapresiasi ide dari Pemkot untuk memisahkan antara jalur bus pariwisata dengan bus AKAP.

“Kami siap berkolaborasi agar terminal ini menjadi simpul transportasi utama pergerakan masyarakat dari dan ke Jogja dan juga menjadi salah satu kunci dari kemajuan dari sektor pariwisata,” ujarnya.

Sementara itu, terkait pengelolaan area komersial (kios) yang ada di terminal, Menhub meminta agar kedepannya dilakukan pengelolaan yang lebih tegas. Karena sebelumnya, kios-kios yang ada di kelola oleh pihak ketiga, bukan oleh pengelola terminal.

“Jadi masyarakat yang nanti akan menyewa kios, bayarnya bisa ke pemerintah (pengelola terminal), bukan ke pihak lain,” tandasnya.