Di Forum GPDRR, Indonesia Ajak Kolaborasi Penanggulangan Bencana

M. Isa | Senin, 30/05/2022 17:23 WIB
Di Forum GPDRR, Indonesia Ajak Kolaborasi Penanggulangan Bencana Kementerian PUPR gerak cepat menurunkan tim tanggap darurat dan alat berat untuk membantu percepatan pemulihan bencana erupsi gunung Semeru, Minggu (5/12). (Foto: Kementerian PUPR)

RADARBANGSA.COM - Indonesia melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengajak negara-negara dalam forum Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) untuk memperkuat kolaborasi di dalam rangka penanggulangan bencana.

“Kita masih perlu meningkatkan kerja sama internasional, infrastruktur penting, dan target layanan. Untuk itu, kita perlu memperkuat kolaborasi melalui platform global ini untuk mencapai target,” ujar Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kemenkeu Febrio Kacaribu dikutip laman kemenkeu, Senin 30 Mei 2022.

Febrio mengungkapkan, selain tantangan seperti pandemi, inflasi, pengetatan kebijakan moneter dan perlambatan ekonomi, risiko makro ekonomi yang berhubungan dengan bencana terkait iklim perlu diantisipasi juga oleh Indonesia.

“Peningkatan frekuensi dan dampak dari bencana terkait iklim di beberapa tahun terakhir telah menggarisbawahi begitu besarnya biaya ekonomi, lingkungan, dan sosial dari perubahan iklim,” katanya.

Menurut Febrio, paket kebijakan hijau yang komprehensif diperlukan, dengan harapan upaya transisi menuju ketahanan iklim tetap mampu meningkatkan pertumbuhan dan penciptaan lapangan kerja.

Untuk diketahui, pertemuan GPDRR diselenggarakan oleh UN Office on Disaster Risk Reduction (UNDRR) setiap tiga tahun dengan menghadirkan para pemangku kepentingan yang terdiri dari 182 negara. Dalam GPDRR 2022, seluruh negara anggota dan pemangku kepentingan di berbagai level akan mereviu pencapaian Kerangka Sendai. 

TAG : Forum GPDRR

Berita Terkait :