Komisi IV DPR RI Nilai Butuh Langkah Strategis Atasi PMK

Rahmad Novandri | Selasa, 17/05/2022 19:50 WIB
Komisi IV DPR RI Nilai Butuh Langkah Strategis Atasi PMK Anggia Erma Rini (Wakil Ketua Komisi IV DPR RI). (Foto: DPR RI)

RADARBANGSA.COM - Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Anggia Erma Rini menilai, Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menjangkit sejumlah hewan ternak di Indonesia tidak bisa dianggap enteng. Karena itu, menurut Anggia, perlu langkah strategis untuk bisa melokalisir wabah tersebut,  mengingat penyebarannya yang sangat mudah dan cepat. 

"Bertahun-tahun sebenarnya Indonesia sudah bebas dari (PMK) itu dan tidak mudah untuk mencapai itu (bebas PMK). Kita punya pengalaman buruk terkena wabah PMK dan triliun bahkan kerugiannya. Nah, kalau dibiarkan atau kalau tidak ditangani secara serius tentu akan menjadi masalah yang sangat besar," ujarnya dilansir dari laman resmi DPR RI, Selasa, 17 Mei 2022.

Diungkapkannya, lalu lintas ternak, peralatan dan segala macam turunannya perlu diawasi dengan ketat. Termasuk dengan memperhatikan bagaimana memperlakukan ternak yang terpapar dan segala macam yang berhubungan dengan ternak yang terpapar.

"Baik itu pakan, segala bentuk yang berkaitan dengan atau berhubungan dengan ternak yang terpapar oleh wabah ini harus dihentikan, harus diisolasi, harus dimusnahkan," tutur Anggia. 

Lebih lanjut, Politisi PKB itu mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh Kementerian Pertanian (Kementan) dalam menghadapi wabah tersebut. Anggia juga meminta agar pengawasan di daerah terus diperketat. 

"Yang lebih penting lagi adalah bagaimana pelaksanaan di daerah. Jangan sampai misalnya yang dibakar hanya atau yang dimusnahkan hanya yang kelihatan sudah sangat parah, tapi harus lebih verifikasinya harus lebih detail lagi, lebih ketat lagi, termasuk juga lalu lintas (ternak)," tutupnya.