Presiden Jokowi Imbau Masyarakat Hindari Puncak Arus Mudik Lebaran 2022

Rahmad Novandri | Senin, 18/04/2022 19:07 WIB
Presiden Jokowi Imbau Masyarakat Hindari Puncak Arus Mudik Lebaran 2022 Pintu masuk tol Palimanan macet panjang saat mudik lebaran tahun lalu. (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengimbau masyarakat untuk mudik lebih awal dan menghindari puncak kemacetan parah jelang lebaran idul fitri 2022. Hal itu setelah survei Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menunjukkan bahwa akan ada 23 juta mobil dan 17 juta sepeda motor yang akan digunakan oleh para pemudik tahun ini, sehingga diperkirakan akan menimbulkan kemacetan parah.

“Saya mengajak masyarakat untuk menghindari puncak arus mudik pada tanggal 28, 29, dan 30 April 2022. Saya mengajak masyarakat untuk mudik lebih awal, tentu saja menyesuaikan dengan jadwal libur dari tempat bekerja,” kata Jokowi dilansir dari laman resmi Setkab RI, Senin, 18 April 2022.

Meskipun begitu, Presiden Jokowi menegaskan bahw apemerintah telah menyiapkan langkah untuk mengantisipasi kemacetan pada saat arus mudik nanti. “Pemerintah telah menyiapkan rekayasa lalu lintas melalui aturan ganjil genap, pemberlakuan satu arah (one way), dan larangan truk masuk jalan tol,” ujarnya.

Menutup pernyataannya, Presiden juga kembali mengingatkan masyarakat untuk tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. “Jangan lupa tetap mematuhi protokol kesehatan utamanya memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak,” tuturnya.