Cek Persiapan Mudik Lebaran, Menhub dan Menko PMK Sidak Stasiun Pasar Senen

M. Isa | Kamis, 07/04/2022 22:43 WIB
Cek Persiapan Mudik Lebaran, Menhub dan Menko PMK Sidak Stasiun Pasar Senen Kereta Api. (Foto: Ilustrasi)

RADARBANGSA.COM - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mendampingi Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Menko PMK) Muhadjir Effendy melakukan inspeksi ke Stasiun Pasar Senen menjelang masa mudik lebaran.

Menko PMK Muhadjir Effendy mengatakan setelah dua tahun, Presiden telah memutuskan masyarakat boleh melaksanakan mudik lebaran tahun ini. Karenanya ia meminta kegiatan ini dipersiapkan dengan sebaik-baiknya.

“Saya menyarankan supaya disediakan gerbong khusus mengangkut kendaraan. Sehingga mereka yang akan mudik dengan sepeda motor bisa diangkut dengan kereta api. Nanti motornya bisa digunakan kembali setelah sampai di tempat tujuan. Sehingga nanti mengurangi kepadatan di jalan raya terutama yang berkendara sepeda motor, karena banyak kecelakaan pada masa mudik melibatkan sepeda motor,” sebut Menko Muhadjir.

Sebelumnya, Menteri Budi Karya Sumadi menjelaskan, sebanyak 40 juta orang memilih menggunakan kendaraan pribadi, sebanyak 26,7 juta orang, pesawat 8,9 juta orang, kereta api 8,2 juta orang, kapal, 1,4 juta, dan angkutan lainnya 0,1 juta orang.

Berdasarkan rencana operasi dan prediksi hasil survey, puncak arus mudik diprediksi terjadi pada tanggal 29 – 30 April dan arus balik diperkirakan terjadi pada tanggal 8 Mei.

Diketahui, Pemerintah telah menetapkan libur dan cuti bersama Lebaran 2022. Total ada dua hari libur Lebaran dan empat hari cuti bersama. Adapun keputusan cuti bersama Lebaran 2022 disampaikan langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagaimana dikutip dari video You Tube Sekretariat Presiden, Rabu, 6 April 2022.

Berikut daftar lengkap hari libur dan cuti bersama lebaran 2022, antara lain:

29 April : Cuti Bersama
30 April-1 Mei: Libur Sabtu-Minggu
2-3 Mei : Libur Lebaran
4-6 Mei : Cuti Bersama
7-8 Mei : Libur Sabtu-Minggu

 


Berita Terkait :