Sri Mulyani: Pengetatan Moneter akan Dikalibrasi Ulang Akibat Konflik Rusia-Ukraina

M. Isa | Rabu, 16/03/2022 18:36 WIB
Sri Mulyani: Pengetatan Moneter akan Dikalibrasi Ulang Akibat Konflik Rusia-Ukraina Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (foto: setkabgoid)

RADARBANGSA.COM – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan Indonesia mampu menahan gejolak yang diakibatkan oleh perang antara Rusia-Ukraina. Namun ia mengakui bahwa perang tersebut menciptakan ketidakpastian lain dari pemulihan ekonomi.

“Indonesia relatif dapat menahan gejolak tersebut. Sejauh ini IHSG relatif bahkan bergerak ke arah positif, dan rupiah juga masih relatif stabil. Namun bukan berarti kita meremehkan dampak jangka panjang yang sangat kompleks,” ungkap Menkeu Sri Mulyani di Jakarta, Rabu 16 Maret 2022.

Menkeu Sri Mulyani mengatakan, Purchasing Managers Index (PMI) Indonesia telah berada pada level ekspansi, kepercayaan konsumen pulih dan stabil serta penjualan retail terus berkembang.

Selain itu, lanjut Menkeu Sri Mulyani percepatan program vaksinasi dan booster memberikan jaminan lebih besar bagi Indonesia untuk dapat menghadapi pandemi dan mendukung proses pemulihan ekonomi.

“Kondisi sekarang terutama dari sisi keuangan, pengetatan moneter mungkin akan dikalibrasi ulang akibat konflik Rusia-Ukraina. Ini juga akan menciptakan ketidakpastian lain,” katanya.


Berita Terkait :