Jelang Ramadan, Pemerintah Kejar Capaian Vaksinasi COVID-19

Rahmad Novandri | Senin, 14/03/2022 22:50 WIB
Jelang Ramadan, Pemerintah Kejar Capaian Vaksinasi COVID-19 Luhut Binsar Panjaitan (Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi). (foto: Setkab RI)

RADARBANGSA.COM - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa pemerintah terus mengejar capaian vaksinasi COVID-19 dosis lengkap dan booster sebelum memasuki bulan suci Ramadan. Untuk itu, ia mengimbau semua pihak agar segera mempercepat vaksinasi jelang Ramadan awal April mendatang.

"Ini semua kerja sama kita, sekali lagi saya imbau, dari sekarang masih ada dua minggu sebelum bulan puasa untuk kita mempercepat vaksinasi ini," katanya dalam konferensi pers daring terkait PPKM, Senin, 14 Maret 2022.

Koordinator PPKM Jawa-Bali itu mengungkapkan, pemerintah terus mendorong percepatan vaksinasi agar umat Islam bisa fokus menjalankan ibadah di bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri dengan tenang. "Kami titip, kita semua melakukan vaksinasi lengkap dan booster, terutama yang lansia dan komorbid sehingga nanti kita semua, saudara-saudara yang melaksanakan ibadah puasa bisa lebih bebas nanti melakukannya. Tentu dengan tidak meninggalkan protokol kesehatan," tuturnya.

Luhut yang juga Wakil Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN) itu mengatakan, capaian vaksinasi lengkap dan booster di Indonesia masih tertinggal dari banyak negara yang mulai melakukan transisi dari pandemi ke endemi. Sebab, beberapa negara yang mulai melakukan transisi dari pandemi ke endemi yaitu Arab Saudi dan Malaysia dengan pertimbangan utamanya adalah tingkat vaksinasi lengkap dan booster yang sudah tinggi di kedua negara.

"Dibandingkan dengan kedua negara, capaian vaksinasi dosis lengkap dan booster kita masih tertinggal," tukasnya.


Berita Terkait :