Cuaca Buruk, Penerbangan Wings Air Ternate-Manado Dihentikan Sementara

Anata Lu’luul Jannah | Selasa, 30/04/2024 16:47 WIB
Cuaca Buruk, Penerbangan Wings Air Ternate-Manado Dihentikan Sementara Maskapai Wings Air (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Maskapai Wings Air menutup sementara penerbangan dari Bandara Babullah Ternate ke Bandara Samratulangi Manado.

Kebijakan tersebut merupakan dampak dari semburan abu vulkanik Gunung Ruang di Tagulandang, Sitaro, Sulawesi Utara, pada Selasa 30 April 2024 sekira pukul 02.00 WITA.

“Operasional dan layanan penerbangan ditutup sementara sesuai pemberitahuan resmi dari otoritas penerbangan sipil AirNav Indonesia, Bandar Udara Sam Ratulangi,” kata Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro dalam keterangan tertulis, Selasa 30 April 2024.

Danang menuturkan, langkah tersebut merupakan upaya maskapai memastikan kedepan dan keamanan penerbangan. Pihaknya juga belum mengetahui kapan layanan mulai normal.

“Kami masih terus melakukan koordinasi dengan pihak yang berwenang,”ujar Danang.

Dirinya menyebut, Operasional dan layanan penerbangan ditutup sementara berdsarkan laporan resmi dari otoritas penerbangan sipil AirNav Indonesia, Bandar Udara Sam Ratulangi.

Selain itu, kata Alfian, Kebijakan dari pihak maskapai semata-mata untuk keamanan penerbangan dan belum mengetahui kapan layanan mulai normal, karena harus menyesuaikan dengan kondisi di Bandara Sam Ratulangi Manado.

Oleh karena itu, pihaknya terus koordinasi dengan pihak yang berwenang terkait dengan aktivitas penerbangan dari Ternate ke Manado dua kali sehari.

Seperti diketahui, sebelumnya, pada 23 April 2024 lalu, maskapai Wings Air membuka penerbangan Ternate-Manado setelah dibuka aktivitas penerbangan ke Bandara Sam Ratulangi Manado usai erupsi Gunung Ruang di Sulawesi Utara Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang.

Sedangkan, aktivitas penerbangan dari Ternate-Manado menggunakan pesawat Wings Air telah dibuka dan sudah ada tiga penerbangan menggunakan Wings Air jenis ATR600 dengan kapasitas 72 penumpang.
 


Berita Terkait :